Profil

Profil LSP MUI

Pembentukan LSP MUI didasarkan pada Undang-Undang Jaminan Produk Halal No. 33 tahun 2014, dimana dibutuhkan personel yang kompeten untuk terlibat dalam proses penjaminan produk halal. LSP MUI yang didirikan tanggal 5 April 2016 merupakan Lembaga Sertifikasi yang bersifat independen dan profesional dalam menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di bidang penjaminan produk halal, serta menjadi rujukan profesionalisme bagi tenaga kerja dalam lingkup industri halal untuk melakukan sertifikasi profesi.

LSP MUI bertugas mengembangkan Standar Kompetensi, menetapkan Skema Sertifikasi Kompetensi dan Tempat Uji Kompetensi di bidang kehalalan produk, selain itu LSP juga memiliki tanggung jawab teknis dan administrasi atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi dan sertifikasi kompetensi.

Dalam proses pelaksanaan sertifikasi profesi, LSP MUI melibatkan beberapa pemangku kepentingan seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia (AFFI), dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan terhadap kompetensi personel di bidang penjaminan produk halal.